Akhirnya, Bakal Calon Gubernur PDI-P yang Dinanti Akan Diumumkan Malam Ini


Whishienadaily - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mereka usung dalam Pilkada DKI 2017, malam ini, Selasa (20/9/2016).

Rencananya, pengumuman itu akan dilakukan di Kantor DPP PDI-Perjuangan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat.
"DPP PDI-Perjuangan memastikan akan mengumumkan pasangan calon gubernur dan wagub DKI pada Selasa, 20 September 2016 pukul 20.00," ujar Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis, Senin (19/9/2016).
Pengumuman cagub dan cawagub DKI itu dilakukan berbarengan dengan calon pimpinan di daerah lain. Adapun bakal cagub dan wagub yang akan diusung oleh PDI-P, kata Hasto, telah mengikuti tahapan serta uji kelayakan yang ada di internal PDI-P.
"Seluruh tahapan sudah dilakukan secara sistematik yang dimulai dari uji kelayakan dan kepatutan. Pemetaan politik, pelatihan manager kampanye, pelatihan TOT saksi dan sekolah para calon kepala daerah," kata Hasto. (Baca: Ini Tiga Bakal Cagub DKI yang Akan Diusung PDI-P)
Dinanti-nanti
Pengumuman oleh PDI-P ini akan menjadi pengumuman yang paling dinanti-nanti oleh berbagi pihak.
Hal ini karena PDI-P merupakan partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI yaitu 28 kursi. Jumlah kursinya melebihi syarat minimal perolehan kursi untuk bisa mengusung yaitu 22 kursi.
Partai berlambang banteng ini bisa mengajukan pasangan cagub cawagub tanpa harus berkoalisi.
Pengumuman dari PDI-P akan memengaruhi keputusan partai lain. Drama-drama politik sudah terjadi karena PDI-P tidak kunjung membuat keputusan. Misalnya seperti Koalisi Kekekuargaan yang pernah menunggu sikap PDI-P untuk membuat keputusan akhir calon mereka.
PDI-P sendiri salah satu partai yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan. Namun, hanya pada pengurus di tingkat DPD PDI-PDKI Jakarta saja.
Tidak kunjung ada keputusan dari PDI-P, lama-lama semua partai mulai mengambil langkah sendiri. Partai Gerindra dan PKS berpotensi akan bersekutu dengan mengusung Sandiaga Uno dan Mardani Ali.
Sementara PKB, Partai Demokrat, dan PPP disebut-sebut akan muncul dengan poros baru. (Baca: Selasa Malam, PDI-P Umumkan Pasangan Cagub-Cawagub DKI Jakarta)
Ditunggu Ahok
Pengumuman dari PDI-P tidak hanya ditunggu oleh partai lain. Melainkan juga oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.
Selama satu tahun terakhir, Basuki selalu menyampaikan kepercayaan dirinya akan diusung PDI-P. Hal ini karena dia memiliki kedekatan dengan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.
Meski begitu, Ahok sempat menyebut akan mendaftar di KPUD pada Rabu (21/9/2016) tanpa menunggu kepastian dari PDI-P.
Sampai saat ini, Ahok pun belum juga menentukan calon wakil gubernurnya. Padahal tiket sudah ada di tangan.
Dia sudah memiliki dukungan kursi yang cukup dari tiga partai yaitu Golkar, Hanura, dan Nasdem. 
Apakah Ahok menunggu PDI-P untuk menentukan siapa cawagubnya? Siapa yang akan diusung PDI-P akan terlihat hari ini. Apakah PDI-P mengusung Ahok dan Djarot seperti yang diprediksi banyak orang? Atau justru malah memunculkan nama baru di luar dugaan orang kebanyakan?

sumber : kompas.com
Bagikan ke orang lain!!

0 Response to "Akhirnya, Bakal Calon Gubernur PDI-P yang Dinanti Akan Diumumkan Malam Ini"

Post a Comment