Ketika kamu udah sukses bikin CV yang baik dan menerima permintaan untuk wawancara. Kini saatnya kamu memahami tentang hal-hal yang dapat membuat kamu berhasil dalam wawancara kerja, sehingga bisa membuka kesempatan lebih besar untuk memperoleh pekerjaan yang kamu inginkan. Ini dia 10 tips wawancara kerja yang paling penting untuk diketahui para job seekers.
1. Melakukan riset
Melakukan riset
Penting juga untuk mengetahui tentang keunggulan dan kelemahan perusahaan-perusahaan kompetitor sehingga dapat menyimpulkan kira-kira apa kebutuhan perusahaan yang harus ditangani. Semakin banyak kamu tahu tentang perusahaan yang akan kamu datangi, maka semakin baik kesempatan yang kamu punya untuk menjual diri.
2. Meninjau jenis pertanyaan dan tanggapan
Meninjau jenis pertanyaan dan tanggapan
Susunlah tanggapan yang rinci tetapi ringkas, fokus pada contoh dan prestasi tertentu. Akan lebih baik lagi jika kamu bisa mengingat semua tanggapan yang kamu siapkan dalam wawancara, tapi bukan berarti kamu harus menghafal semuanya. Cukup pahami poin-poinnya kemudian kembangkan dengan berbicara.
3. Berpenampilan menarik
Berpenampilan menarik
Kalau kamu suka pakai aksesoris, saat ini sebaiknya kamu simpan semua aksesoris yang biasa kamu pakai di laci karena aksesoris yang boleh kamu pakai cuma jam tangan. Selain itu, disarankan untuk menghindari merokok sebelum wawancara karena bisa menyebabkan bau kurang sedap.
4. Tepat waktu
Tepat waktu
Sehari sebelum wawancara dimulai, siapkan tambahan resume, CV dan daftar referensi, serta portofolio yang kamu punya. Jangan lupa juga bawa bolpoin dan alas papan untuk menulis.
5. Memberikan kesan pertama yang baik
Memberikan kesan pertama yang baik
Saat pertama kali wawancara dimulai, beberapa menit pertama memberikan tanda apakah mereka tertarik atau tidak dengan kamu. Saat menyapa para pewawancara, berdirilah, tersenyum, lakukan kontak mata dan jabat tangan dengan tegas. Selama 20 menit pertama tunjukkan sikap positif dan antusiasme dalam bekerja. Karena pada waktu inilah manager akan membuat keputusan penting untuk merekrut kamu atau tidak.
6. Keterampilan Mendengarkan
Keterampilan Mendengarkan
Keterampilan ini sering diabaikan oleh banyak orang. Kamu bukan hanya harus mendengarkan apa yang ditanyakan, tapi mampu membaca apa yang tersirat. Kadang apa yang tidak dikatakan sama pentingnya dengan yang dikatakan.
7. Memberikan tanggapan
Memberikan tanggapan
Ketika memberikan tanggapan dalam wawancara, idealnya kamu menghindari kalimat panjang dan bertele-tele, serta usahakan memberikan respon yang singkat dan to the point.
8. Mengajukan pertanyaan
Mengajukan pertanyaan
Sebuah studi menunjukkan bahwa pengusaha membuat penilaian tentang sejauh mana kamu berminat terhadap pekerjaan dan perusahaan yang kamu lamar. Jadi, job seeker yang baik siapkanlah beberapa pertanyaan mengenai pekerjaan atau perusahaan yang membuat kamu tertarik sebelum proses wawancara berlangsung.
9. Jual diri
Jual diri
Kalau diibaratkan, job seeker adalah sales, dagangan yang kamu jual adalah kemampuan kamu untuk memenuhi segahal hal yang dibutuhkan perusahaan, kemampuan untuk memecahkan masalah, dan keinginan untuk berhasil.
10. Follow up
Follow up
Selain itu, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada para pewawancara atas kesempatan wawancara yang sudah diberikan. Mengucapkan terima kasih melalui email memang nggak bikin kamu langsung diterima. tapi setidaknya memberikan nilai lebih untuk kamu dibanding pelamar yang lain.
Berhasil tidaknya kamu dalam proses wawancara membutuhkan penelitian, pengalaman, dan ketekunan. Semakin banyak usaha kamu untuk mempersiapkan wawancara, kemungkinan untuk berhasil juga makin besar. Semoga 10 tips wawancara kerja ini bermanfaat untuk kamu, kalau kamu punya tips lain share di kolom komentar ya!
Leave a Reply
Bagikan ke orang lain!!
Nambahin 1 mba yaitu jangan panik saat di tanya :)
ReplyDelete