Kenapa Anjing Hanya Bisa Hidup Sekitar 10 Tahunan Saja? Berikut Penjelasannya...



Whishianadaily-Anjing sudah menjadi seorang sahabat terbaik bagi manusia, bahkan tak jarang banyak yang menganggap mereka adalah salah satu anggota keluarganya. Seringkali kita pasti khawatir banget jika anjing kita mengalami kecelakaan ataupun tiba-tiba sakit. Anjing kita yang sangat bersemangat ini pun menjadi tidak bisa bergerak lagi ketika memasuki masa tuanya dan dia akhirnya pun meninggalkan kita selamanya.

Tetapi apakah kalian tahu kenapa anjing hanya bisa hidup 10 tahun lebih?

1.Kehidupan mereka adalah hasil dari pertahanan dan pertaruhan hidup mereka

Nenek moyang serigala serta anjing dulunya bisa hidup hingga 20 tahun, tetapi setelah melewati evolusi, panjang hidup mereka pun langsung berkurang setengahnya.

2.Pengembangbiakan serta perkawinan silang yang dilakukan manusia

Gambar di bawah ini adalah anjing yang tidak pernah dikawin-silangkan manusia. Setelah mengalami perkawinan silang yang dilakukan manusia, organ tubuh para anjing ini pun mengalami perubahan yang cukup signifikan.


(1)Hidung dan mulut:
Hidung yang panjang dari anjing ini berfungsi untuk indra penciuman yang tajam dan mencari dimana makanan berada. tetapi hidung yang pendek yang dimiliki beberapa ras anjing membuat pertahanan tubuhnya terhadap panas menjadi menurun dan sistem pernapasan mereka pun mengalami beberapa masalah.

(2)Tengkorak:
Tengkorak yang besar adalah tempat otak besar anjing ini berada. Anjing jaman sekarang memiliki tulang tengkorak yang kecil yang akhirnya membuat tingkat kepintaran sang anjing menurun serta meningkatkan kemungkinan terserang penyakit rabies.

(3) Telinga yang berdiri:
Telinga yang berdiri serta runcing ini membuat anjing sangat rentan terkena infeksi pada bagian telinga. Telinga yang turun juga bisa sarang kuman penyakit untuk bisa berkembangbiak dengan cepat meski terlihat sangat lucu.

(4) Bokong yang padat:
Kaki yang kokoh adalah sesuatu yang harus dimiliki oleh anjing untuk berjalan dan berlari. Kaki anjing yang dilatih untuk menjadi anjing rata-rata akan mengalami perkembangan pada otot kaki yang kurang baik karena pelatihan yang dia lakukan.

(5) Bentuk badan: 
Anjing mulanya memiliki badan yang lentur, tetapi setelah evolusi, badan anjing pun menjadi besar dan berisi hingga akhirnya menambah beban bagi badan anjing tersebut.

(6) Terlepas dari kebutuhan tubuh dari si anjing yang sudah dipenuhi, anjing tetap saja bisa mengalami masalah kesehatan.

Anjing bulldog sering mengalami kesulitan pernapasan, anjing jenis ini bahkan tidak bisa melahirkan dengan normal. Tidak sedikit juga anjing bulldog yang tuli dan cepat meninggal.
jika dibandingkan, anjing yang memiliki tugasnya masing-masing memiliki umur yang lebih panjang, seperti anjing polisi, anjing penyelamat, anjing pekerja, dan anjing penuntun orang buta karena badan anjing berkembang sesuai dengan pekerjaan yang mereka kerjakan. Tetapi anjing peliharaan di rumah tidak memiliki perkembangan badan seperti anjing-anjing di atas, mereka dibesarkan hanya untuk kelihatan lucu dan cantik, tetapi mereka tidak dibesarkan menurut pekerjaan yang harus dilakukan oleh anjing ini, sehingga mereka memiliki umur yang lebih pendek.



3. Banyak orang yang menginginkan anjing berdarah murni sehingga banyak keanekaragaman gen yang ada pada anjing pun diabaikan. Hal inilah yang memperpendek umur anjing.


Para pecinta anjing pasti takut anjing mereka cepat meninggal sehingga mereka pun akan sangat khawatir ketika anjing mereka sakit. Pelatihan yang dilakukan manusia tidak pernah bisa berubah, tetapi kita berharap kita bisa menjaga anjing kita yang lucu itu lebih baik sehingga mereka bisa hidup lebih lama!
Bagikan ke orang lain!!

0 Response to "Kenapa Anjing Hanya Bisa Hidup Sekitar 10 Tahunan Saja? Berikut Penjelasannya..."

Post a Comment