Wisata Thailand – Phuket




Phuket adalah sebuah pulau wisata di Thailand. Pulau ini sempat terkena bencana alam hebat, yaitu tsunami pada tahun 2004. Bencana alam ini menelan ribuan korban jiwa dan juga merusak sebagian keindahan pulau wisata ini. Sekarang ini Phuket telah pulih dari bencana alam yang menimpanya dan telah kembali menjadi salah satu primadona wisata Thailand.
Pulau wisata yang mayoritas penduduknya
beragama Buddha ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan air laut yang hangat dan jernih, menjadikannya salah satu tempat wisata pantai yang paling populer di Asia. Phuket adalah pulau terbesar di wilayah Thailand, nanum pulau seluas 576 KM persegi ini masih lebih kecil bila dibandingkan dengan Singapura.

Secara geografi, wilayah Phuket kebanyakan adalah berupa pegunungan. Wilayah pegunungan tersebut menutupi sekitar 70% dari keseluruhan wilayah pulau ini. Sekitar 60% dari wilayah Phuket adalah hutan dan perkebunan. Dengan iklim tropisnya, Phuket mempunyai 2 musim, musim kering dan musim hujan. Musim hujan biasanya terjadi pada bulan Mei sampai dengan Oktober, sementara musim kering ada pada bulan November sampai dengan April dengan suhu rata-rata sektiar 23 derajat Celsius di saat dingin, dan sekitar 29 derajat Celsius di saat panas.


Sejak tahun 1980an, wilayah ini sudah mulai dikembangkan sebagai kawasan wisata oleh pemerintah Thailand. Sampai saat ini hotel dan resort baru terus bermunculan di Phuket. Selain resort dan hotel, banyak juga villa dan rumah pribadi yang dibangun di pulau yang pernah dinobatkan sebagai salah satu tempat tujuan pensiun yang terbaik. Saat ini terdapat ribuan pensiunan dari berbagai negara yang tinggal di Phuket.

Cara Mencapai Phuket
Untuk mencapai Phuket, terdapat 3 cara, yaitu menggunakan jalur udara, laut, dan darat.

Phuket mempunyai sebuah bandara yang berlokasi di bagian utara pulau. Bandara ini melayani berbagai rute, termasuk dari Indonesia langsung menuju Phuket. Penerbangan dari Indonesia dilayani oleh maskapai AirAsia dengan rute dari dan ke Jakarta, serta dari dan ke Denpasar. Jalur udara biasanya merupakan cara mencapai Phuket yang paling murah bila dibandingkan dengan cara lain. Anda bisa mendapatkan tiket pesawat murah dari Jakarta menuju Phuket dengan harga sekitar 600,000 Rupiah dengan lama perjalanan sekitar 3 jam.
Jalur laut juga merupakan salah satu cara mencapai Phuket yang disukai wisatawan. Dengan menggunakan kapal dari daratan utama Thailand, anda akan mencapai Phuket dalam waktu sekitar 1 jam. Perjalanan menuju Phuket dengan kapal biasanya cukup menyenangkan bagi anda yang suka menikmati suasana laut, namun dalam kondisi berangin, kapal dapat bergoyang cukup banyak sehingga membuat sebagian orang pusing.

Jalur darat adalah pilihan lain yang dapat ditempuh wisatawan untuk mencapai tempat wisata ini. Biasanya jalur ini kurang diminati karena memakan waktu yang cukup lama. Anda dapat menggunakan bus dari terminal di Bangkok sampai dengan terminal di kota Phuket. Perjalanan bus ini akan memakan waktu sekitar 13 jam sehingga selain menghabiskan waktu, juga akan sangat melelahkan.


Transportasi

Phuket adalah sebuah pulau yang cukup besar sehingga anda akan membutuhkan transportasi yang memadai pada saat anda telah tiba di Phuket. Transportasi umum di sekitar Phuket sangatlah minim, sehingga anda akan banyak menggunakan taksi. Ada 4 tipe taksi di daerah ini:

Tuk-tuk: Kendaraan khas Thailand, namun di Phuket tuk-tuk mempunyai 4 roda, tidak seperti di Bangkok yang mempunyai 3 roda.
Taksi meter: Taksi umum dengan mobil sedan, menggunakan meteran untuk menentukan harga
Taksi tidak resmi: Kendaraan biasa yang digunakan untuk mengangkut penumpang
Taksi motor: Taksi yang menggunakan sepeda motor
Sangat disarankan untuk menggunakan taksi meter karena selain nyaman dan aman, harganya juga tidak mahal. Namun, taksi meter sering kali sulit didapat bila anda tidak memesan sebelumnya. Selain itu pada musim liburan yang ramai, sebagian taksi meter akan memilih untuk tidak menggunakan meteran. Saran saya, catatlah nomor telepon penyedia taksi meter karena anda akan membutuhkannya nanti.
Tuk-tuk memang kendaraan yang unik dan tidak dapat ditemukan di negara lain, namun mereka tidak menggunakan meteran untuk menentukan biaya perjalanan. Sering kali harga menaiki tuk-tuk jauh lebih mahal dari biaya taksi meter. Saya sarankan hindari menggunakan tuk-tuk karena selain kurang nyaman, harganya juga mahal dan menurut masyarakat lokal, tuk-tuk dioperasikan oleh mafia Thailand. Apabila anda harus menggunakan tuk-tuk, tawarlah harga sebelum menaiki kendaraan.

Taksi tidak resmi adalah kendaraan biasa yang digunakan warga Phuket untuk mengangkut penumpang. Taksi jenis ini tidak menggunakan meteran, melainkan menggunakan harga yang dapat dinegosiasi terlebih dahlu sebelum keberangkatan. Sering kali harga yang ditawarkan cukup mahal, bahkan lebih mahal dari menaiki tuk-tuk, namun kendaraan yang digunakan biasanya lebih nyaman dari tuk-tuk.

Taksi motor adalah transportasi paling murah yang ada di Phuket. Taksi motor bisa dibedakan dengan motor biasa dengan cara melihat pengemudinya. Pengemudi taksi motor biasanya menggunakan jaket atau rompi yang mempunyai angka. Jenis transportasi ini kurang disarankan bila ingin menempuh perjalanan jauh karena kurang nyaman. Namun, apabila anda hanya ingin melakukan perjalanan singkat di dalam kota, taksi motor sangatlah cocok.

Selain itu, anda juga dapat memilih menyewa kendaraan dan menyetir sendiri. Apabila anda ingin menyewa kendaraan, saran saya hindari kendaraan bertipe jip. Kebiasaan berkendara masyarakat lokal juga sangat buruk, banyak dari mereka yang melanggar peraturan lalu lintas, oleh karena itu berhati-hatilah di jalan.

                                               Big Buddha Phuket

Patong Beach Phuket

Kegiatan Wisata di Phuket
Berenang
Menyelam
Snorkeling
Parasailaing
Memancing
Jet Ski
Kano
Yatch
Wind Surfing
Kite Surfing
Wakeboarding
Spa
Dan lain-lain


Catatan
Jangan meminum air langsung dari keran.
Lihatlah tanda di pantai, apabila arus sedang kuat, jangan berenang karena berbahaya.
Perhatikan barang berharga anda, karena lumayan banyak copet.
Berhati-hatilah pada saat didekati dan ditawari sesuatu oleh masyarakat setempat, penawaran yang terlalu bagus biasanya hanyalah bagian dari penipuan.
Apabila anda mempunyai suatu masalah, hubungi polisi wisata di nomor 1155.






Bagikan ke orang lain!!

0 Response to "Wisata Thailand – Phuket"

Post a Comment